Untuk Apa Saja Biasanya Python Digunakan?

Apa itu Python?

Qodingan.com, Jakarta - Python Dirancang dan dibuat oleh Guido van Rossum pada tahun 1991, Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang diinterpretasikan. Python memiliki pendekatan berorientasi objek yang bertujuan untuk membantu pemrogram menulis kode yang jelas dan logis. Bahasa ini diketik secara dinamis dan dikumpulkan dalam bahasa pemrograman. Bahasa ini mendukung beberapa paradigma pemrograman, termasuk pemrograman berorientasi objek, terstruktur, dan fungsional .


Bagaimana Saya Bisa Belajar Python?

Python adalah bahasa yang bisa dibilang mudah dengan sintaks yang sederhana. Python menjadi populer dari hari ke hari karena merupakan sumber  utama dari teknologi baru seperti ilmu data, pembelajaran mesin, dan kecerdasan buatan. Jadi banyak dari beberapa situs web pendidikan menawarkan kursus Python ini .

Untuk Apa Python Digunakan?

Dengan sejumlah besar fitur canggih, Python menawarkan banyak aplikasi. Google, NASA, CERN, Yahoo, Wikipedia, adalah platform utama yang menggunakan Python untuk pengembangannya. Mari kita lihat kegunaan utama Python di bawah ini:

Pengembangan Web

Python menawarkan pustaka dan kerangka kerja yang telah dibuat sebelumnya seperti Pyramid, Django, dan Flask; aplikasi web dapat berkembang pesat. Kerangka kerja dibuat dengan logika backend umum & beberapa pustaka dapat membantu mengintegrasikan protokol seperti FTP, HTTP, SSL, dan pemrosesan XML, JSON, dan yang lainya. Python Frameworks memberikan keamanan, skalabilitas, dan kenyamanan yang tak tertandingi dibandingkan dengan membangun situs web dari awal.

Komputasi Ilmiah

Python memiliki daftar perpustakaan yang ramah sains & khusus sains & dengan demikian digunakan untuk penelitian ilmiah dan komputasi. Beberapa pustaka Python populer untuk Scientific Computing adalah:

  • Astropi untuk Astronomi
  • Biopython untuk biologi & bioinformatika
  • Alat grafik untuk analisis statis grafik
  • Psikologi untuk ilmu saraf & psikologi eksperimental

 

Ilmu Data & Visualisasi

Data merupakan hal yang sangat penting  di era teknologi ini. Anda bisa mendapatkan penghasilan  jika Anda tahu cara mengekstrak informasi yang relevan dari data dan menghitung risiko untuk meningkatkan keuntungan. Library Python seperti Panda, Numpy membantu mengekstraksi informasi dari data.

Selain itu, Matplotlib, Seaborn, adalah pustaka visualisasi data yang bisa membantu memvisualisasikan data seperti menggambar grafik.

Machine Learning

Machine Learning berbeda dari ilmu data & begitu pula library Python untuk ML. Pembelajaran Mesin adalah tentang melatih komputer & membuatnya belajar melalui pengalaman atau pola masa lalu menggunakan data yang disimpan atau membuat algoritme yang digunakan komputer untuk belajar sendiri. ML menawarkan aplikasi seperti sistem rekomendasi di Netflix atau Amazon & pengenalan kecepatan. Python memainkan peran penting dalam menyediakan library & framework ML seperti pembelajaran Sci-kit, TensorFlow & lainnya.

Membuat Bot

Bot dirancang untuk melakukan tugas-tugas tertentu melalui internet; misalnya, apakah Anda pernah menemukan kotak pesan pop-out saat mengunjungi situs web? Itu adalah chatbots dan hal ini dapat membantu dalam memberikan dukungan pelanggan. Bot diprogram untuk melakukan tindakan berulang jauh lebih cepat daripada manusia. Python adalah salah satu bahasa utama untuk membuat bot ini.

Data Mining

Proses analisis database yang besar untuk membangun prediksi kecenderungan mengacu pada DM. Ini merupakan proses yang kompleks dan melibatkan analisis jaringan sosial, pencitraan kejahatan, dan lain-lain. Python dianggap sebagai salah satu bahasa terbaik untuk mengatur dan membersihkan data. Selain itu, Python juga menyederhanakan analisis data dengan menggunakan kerangka kerja dan algoritme. Kerangka kerja yang populer untuk penambangan data ini termasuk NumPy, SciPy, Sci-kit learn, dan Dask.

Sebenarya masih banyak lagi yang bisa anda lakukan dengan python. contohnya pembuatan Aplikasi Desktop Berbasis GUI, Pengembangan Game dan Grafik 3D, Aplikasi Web Scraping, Aplikasi Bisnis, Aplikasi Audio Video, Aplikasi CAD dan yang lainya.

0 Response to "Untuk Apa Saja Biasanya Python Digunakan?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel