Macam-Macam Bahasa Pemrograman dan Keunggulannya!

Qodingan.com, Jakarta - Zaman sudah memasuki era digital yang semakin hari semakin canggih, lalu sudah tahu apa saja bahasa pemrograman dan keunggulannya dalam dunia komputer?



Bahasa biasanya dijadikan alat komunikasi oleh makhluk hidup yang ada di muka bumi ini. Namun, jangan salah ternyata di masa perkembangan komputer saat ini menyimpan bahasa pemrograman yang rumit-rumit asyik bila dipelajari, lho. Padahal sebenarnya mudah jika sudah mengenalnya dan mempelajarinya lebih dalam.

Lantas, apa saja macam-macam bahasa pemrograman itu? lalu, kira-kira ada tidak keunggulannya di dalamnya? Yuk, simak penjelasan terkait bahasa pemprogram dan keunggulannya di bawah ini.

Bahasa C

Bahasa C merupakan salah satu macam bahasa pemrograman yang wajib diketahui. Bahasa pemrograman C ialah bahasa yang dikembangakan sejak tahun 30-an dan termasuk bahasa pemrograman paling tua. Walau sudah jarang digunakan ternyata bahasa C ini merupakan induk dari pembentukan dari bahasa pemrograman lainnya, misalnya C#, Java dan lainnya.

Keunggulan bahasa C ini tentunya banyak digunakan dalam media pembelajaran di sekolah-sekolahan. Karena bagi siswa yang ingin mempelajari software lebih dalam, maka harus mempelajari bahasa pemrograman dasarnya yakni bahasa C. Sehingga bahasa C ini biasanya paling banyak ditemukan di aplikasi berbasis sistem operasi. Menarik bukan?

Python

Python dalam hal ini bukan berarti ular, tetapi Python termasuk bahasa pemrograman yang harus diketahui. Bentuknya yang sederhana sehingga mudah dipahami untuk anak-anak IT. Ternyata Python termasuk bahasa pemrograman yang multifungi. Kok bisa? Hal itu disebabkan dalam Python ternyata terdapat sebuah tawaran berupa pengembangan baik berupa software dan aplikasi yang umumnya bisa berasal dari web atau dari sistem operasi lainnya.

Lalu, sebenarnya, apa sih keunggulan dari bahasa pemrograman Phython sendiri? tentu saja keunggulannya masih berkaitan dengan yang dijelaskan di atas, bahwa Python banyak digunakan pada platform software atau aplikasi-aplikasi dalam sistem operasi atau web. Jika mengetahui Google, Instagram, Pinterest dan lainnya itu ternyata menggunakan bahasa Python dalam pemrograman aplikasinya. Jadi, walau tampaknya sederhana ternyata bahasa Python tergolong ke dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi.

HTML/CSS

Macam-macam bahasa pemrograman lainnya ialah HTML/CSS yang merupakan bahasa paling dasar yang dikembangan dalam sebuah website atau situs online. Website yang terkenal yang masih menggunakan bahasa HTML/CSS ini ialah Blogspot. Siapa sih yang nggak tahu website sejuta umat ini?

Sehingga bahasa pemrograman HTML/CSS ini ternyata mempunyai keunggulan yaitu bisa mempercantik website serta membuat kesan menarik juga interaktif dalam website tersebut, tentunya hal ini merupakan daya tarik dalam suatu bisnis. Sehingga sebenarnya bahasa HTML/CSS tergolong dasar dari berbagai jenis bahasa pemrograman yang berbasis website. Jadi, jangan sampai tidak mempelajari salah satu jenis bahasa pemrograman ini.

Sebenarnya masih banyak lagi macam-macam bahasa pemrograman yang harus dipelajari dan dikenal lebih jauh. Sebab, tidak akan menyesal bila mengenal mereka, bagaimanapun bahasa pemrograman bila dikuasai dengan baik dan diterapkan dalam dunia profesi, maka hasilnya bukan main-main. Dari sana akan membuat para programmer akan menghasilkan puluhan bahkan ratusan juta dalam sebuah website profesional atau sebuah aplikasi.

Jadi, mulailah belajar dari sekarang, perdalam ilmu terkait dunia bahasa pemrograman. Cari tahu bahasa-bahasa pemrograman lainnya seperti Java, Ruby, PHP, Golang, C++ dan lainnya. Sebab, jangan puas hanya di satu bahasa pemrograman saja, tetapi dalami bahasa-bahasa lainnya. Semoga bermanfaat dan upgrade terus ilmu terkait dunia teknologi di sini!

Penulis : Nadia Prasiska
Editor : Moh. Hady Setiawan

0 Response to "Macam-Macam Bahasa Pemrograman dan Keunggulannya!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel