Mengenal Bahasa Pemrograman Python dan Keunggulannya

Qodingan.com, Jakarta - Pada zaman dimana sudah banyak startup berdiri di indonesia, siapa yang tidak mengenal bahasa pemrograman yang satu ini ?



Python diklaim sebagai salah satu bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari. Tidak heran mengapa bahasa ini disarankan untuk pemula di dunia perkodingan dan termasuk bahasa pemrograman yang populer saat ini. Python dibuat oleh Guido van Rossum dan sudah dikenal sejak tahun 1991.

Dibidang pekerjaan, python digunakan oleh software engineering, data engineering, dan machine learning engineer. Dalam software engineering, python dapat digunakan untuk membangun sebuah website menggunakan framework yang bernama Django (Python Web Framework) yang dasarnya adalah python. 

Bahasa ini juga dapat digunakan untuk memproses big data dalam bidang data engineering, seperti membangun proses ETL (Extract Transform and Load), membuat workflow pemrosesan data dengan menggunakan tools yang bernama Apache Airflow yang bahasanya menggunakan python. Kemudian dalam bidang machine learning engineer python digunakan untuk membangun sebuah model matematika kompleks, yang lebih mudah jika menggunakan python karena library pada python mendukung pemrosesan matematika seperti numpy, pandas, dll.


Cara menginstall Python dan Menggunakannya

Windows
Cara menginstall python sangat mudah. Untuk sistem operasi Windows 10, biasanya sudah terinstall python. Bisa ditest dengan cara buka CMD terlebih dahulu, kemudian ketikan perintah "Python". Setelah masuk ke mode python, ketikan perintah :

print("Hello World!")
Maka akan muncul print out pada cmd "Hello World!".

Jika belum terinstall di windows, bisa membuka Microsoft Store, kemudian cari Python 3.7 dan pastikan publishernya adalah Python Software Foundation, kemudian install.

Linux
Untuk pengguna linux, bisa mendownload python pada website ini. Kemudian download versi terbaru, stabil adalah Python versi 3. Hasilnya akan ada file berekstensi ".tar.xz" yang berisikan python. Lalu ekstrak file tersebut dengan perintah :

tar -xf Python-3.?.?.tar.xz
Kemudian ketikan perintah berikut :

cd Python-3.*
./configure
Setelah itu tunggu prosesnya selesai.

Untuk melihat apakah instalasi berhasil, ketikan perintah "python3 --version" atau "python --version" akan muncul version python. Selamat python sudah berhasil terinstall.

Jika background kamu sebelumnya bukan IT dan ingin terjun ke bidang pemrograman, maka python adalah bahasa yang sangat disarankan untuk belajar pertama kali. Karena mudah dimengerti, simple, jelas, dan ringan. Sebagai bocoran, bidang programmer sangat laris dan mahal saat ini. Jadi tunggu apa lagi, ayo mulai koding :)


0 Response to "Mengenal Bahasa Pemrograman Python dan Keunggulannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel