Tips Untuk Menjadi Data Engineer


Qodingan.com, Jakarta - Apa itu Data Engineer ? Data engineer adalah seseorang yang bertanggung jawab atas seluruh data dalam suatu perusahaan mulai dari membangun arsitekturnya, memonitor, dan mengelola data berskala besar. Singkatnya orang yang bertanggung jawab terhadap infrastruktur data di sebuah perusahaan. Data engineer juga bertugas untuk membantu seorang data scientist yang akan mengolah data menjadi informasi. Yaitu menyiapkan data yang masih mentah kepada data scientist sesuai format yang diminta.  Berikut ini tips untuk menjadi seorang data engineer.

1. Mengasah Skill Coding

Luangkan waktu kamu untuk mengasah skill codingmu. Karena profesi ini diharuskan untuk menguasai lebih dari satu bahasa pemrograman seperti python, golang, java, scala, sql, dll. Contohnya untuk mengolah data secara scheduling menggunakan Apache Airflow, tool ini menggunakan bahasa python. Atau ingin mentransfer data berskala besar bisa menggunakan bahasa golang karena mendukung multiprocessing atau parallel processing yang memungkinkan memproses data secara bersamaan.

2. Melek Teknologi

Sebagai seorang data engineer, penting untuk selalu update tentang teknologi terkini yang terkait dengan pemprosesan data. Karena mengelola data membutuhkan banyak tools. Sebagai contoh Apache Airflow, Google BigQuery, Google Cloud Run, Google Cloud Storage, Postgresql, Elasticsearch, Docker, Gitlab, dan masih banyak lagi. Semakin banyak menguasai teknologi data, semakin menarik CV kamu dimata perusahaan. Karena setiap perusahaan memiliki infrastruktur yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan AWS (Amazon Web Services), ada yang menggunakan GCP (Google Cloud Platform).

3. Bergabung Komunitas Big Data

Bergabung dengan komunitas merupakan salah satu cara untuk selalu update tentang teknologi data saat ini. Kamu juga akan mudah menemukan solusi atas masalah yang kamu hadapi terhadap data. Biasanya akan banyak diadakan seminar-seminar oleh perusahaan ternama seperti Tokopedia, Bukalapak, Google, dll.

Walaupun kamu harus menguasai banyak hal untuk profesi ini, namun hal itu sebanding dengan salary pada profesi ini. Saat ini data engineer dihargai dengan angka yang bisa dibilang tinggi, karena data itu adalah aset yang berharga.

0 Response to "Tips Untuk Menjadi Data Engineer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel