Beberapa Text Editor Terbaik Para Developer Dunia

Qodingan.com, Jakarta - Setiap programer, pasti membutuhkan sebuah kenyamanan saat mengkoding program mereka. Mulai dari kursi, mouse, meja kerja, monitor, bahkan software tools yang mereka gunakan untuk membuat sebuah program, salah satunya text editor.


Memilih sebuah text editor tergantung dari selera setiap programmer, biasanya tak lepas dari fitur yang memudahkan untuk bekerja pada text editor tersebut. Kali ini kita akan mengulas Text Editor terbaik menurut Qodingan, yang menjadi favorit para developer dari seluruh dunia.


Sublime Text

Text Editor favorit para developer yang pertama yaitu Sublime Text. Keunggulan dari editor ini yaitu resource yang dibutuhkan rendah, bisa dibilang ringan untuk komputer anda. Selain itu juga text editor ini menyediakan fitur tool pencarian dan cara pintas untuk dapat segera menemukan fungsi dan membuat perubahan beberapa baris secara bersamaan.

Sublime text menyediakan package yang akan memberikan pengalaman pengguna yang membuat nyaman para developer saat menggunakannya. Berikut package sublime text berikut :

  • Package Control
    Merupakan package manager yang memudahkan pengguna untuk menemukan, install, dan menjaga agar package selalu update.
  • Javascript  dan NodeJS Snippets
    Merupakan fitur agar dapat menulis kodingan dengan cepat, sebagai contoh cukup ketikan "qs" kemudian tekan tab, sublime akan menuliskan untuk kita script documents.querySelector('selector'); 
  • Emmet
    Seperti package diatas, Emmet membantu untuk penulisan potongan kode dengan cepat untuk html dan css.
  • Color Picker
    Merupakan package yang memudahkan kita untuk menemukan script kode untuk warna.
  • Dan lain sebagainya.

Atom

Atom adalah text editor yang bersifat open source. Dikembangkan oleh github. Kita bisa langsung terhubung  dengan project kita yang ada di github karena fitur ini sudah disediakan oleh atom. Selling point dari atom ini yaitu sangat mudah untuk di customization.

Berikut keunggulan dari Atom ini :
  • Package yang memudahkan
    Text editor yang satu ini juga mempunyai package yang dibuat oleh para developer dari seluruh dunia, yang memudahkan kita saat menuliskan kodingan. Kita bisa menginstallnya dengan mudah pada menu install package dan mencari package yang kalian butuhkan.
  • Banyak Theme
    Keunggulan lainnya yaitu Atom menyediakan banyak theme yang dapat digunakan untuk memperindah text editor kita supaya nyaman saat menulis kodingan.
  • Customization Tampilan
    Kita bisa mengubah settingan tampilan pada atom seperti warna cursor, warna kodingan, dll.
Berikut top package yang memudahkan para developer :
  • Emmet
    Membantu penulisan kodingan dengan cepat.
  • HTML Preview
    Dengan HTML preview, kita tidak perlu membuka browser saat mendesign frondend website kita. Hebatnya, package ini dilengkapi juga dengan fitur auto-reload yang artinya kita tidak perlu mereload halaman html untuk me-refresh tampilan saat melakukan design.
  • Color Picker
    Package ini wajib dimiliki oleh frondend developer, yang bakal memudahkan saat akan menentukan warna yang cocok dan menemukan script code untuk warnanya. 
  • File Icons
    Package ini akan memperindah tampilan file pada text editor kita.
  • Javascript Snippets
    Mirip seperti Emmet, namun berfungsi untuk mempercepat dalam penulisan bahasa Javascript.


Visual Studio Code (VS Code)

Visual studio Code (VS Code) termasuk text editor terbaru diantara yang kita bahas disini. Diluncurkan pada tahun 2015 oleh Microsoft dan berhasil membangun komunitas yang stabil dan memastikan bahwa penggunanya mendapatkan fitur-fitur yang dibutuhkan. 

Text editor ini merupakan favorit penulis loh, nyaman banget deh pokoknya gunain text editor ini, mulai dari segi tampilan, integrasi git, integrasi docker, kemudian terdapat terminal yang menurut saya diletakan pada posisi strategis dan tidak mengganggu pandangan.

Pada survey developer tahun 2019 di insight.stackoverflow.com mengenai Development Environments and Tools, VS Code telah berhasil menduduki tingkat posisi paling popular diantara text editor lainnya. Tidak heran karena VS Code memiliki keunggulan dalam hal banyaknya plugin yang dapat diinstall sehingga mempermudah penggunaannya.

Berikut beberapa fitur pada VS Code yang memudahkan pekerjaan :
  • Auto Rename Tag
    Gausah kesal lagi ketika sering typo atau lupa saat mengubah tag dalam kodingan kita. Bagi pemula yang bermain dengan html sering kali menemukan error dalam program mereka dan setelah ditelusuri hanya lupa rename tag. Semisal ketika <div> ditutup dengan </span> atau ketika typo, atau bahkan kesulitan ketika rename tag dari span ke <div> dan harus merename lagi closing tag. Dengan plugin ini ketika kita rename tag, secara otomatis closing tag akan direname juga.
  • Bookmarks
    Kode kita terlalu panjang? bingung dimana kode yang kita cari? Tidak perlu khawatir, berkat plugin ini kita bisa menandai baris tertentu pada kode kita dengan label sehingga kita tidak kesulitan lagi saat ingin mencari kode yang dicari.
  • Live Server
    Ketika sedang membuat sebuah tampilan website, sering kali kita kesulitan saat refresh halaman kita. Nah berkat plugin ini, apapun perubahan yang kita lakukan pada kodingan kita, maka secara live perubahan tersebut akan terlihat pada halaman kita. Cukup dengan cara klik kanan pada file html yang mau dibuka secara live, dan pilih Open with Live Server.
  • Dan masih banyak lagi.

Nah itulah beberapa text editor terbaik menurut Qodingan. Setiap text editor memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tinggal kita tentukan mana yang kita pilih untuk membatu pekerjaan kita, karena developer punya kenyamanan masing-masing.


0 Response to "Beberapa Text Editor Terbaik Para Developer Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel