Fitur Baru Google, Cari Judul Lagu Dengan Bernyanyi

Qodingan.com, Jakarta - Perusahaan raksasa Google memang tidak bisa diragukan kecanggihan teknologinya. Banyak produk google yang membatu dan memudahkan kita dalam pekerjaan sehari-hari, seperti Google Maps, Google Search, bahkan produk-produk yang membantu perusahaan-perusahaan untuk bisnisnya.


Baru-baru ini google meluncurkan produk baru yang bernama 'Hum to search' untuk mencari lagu. Cukup dengan bersiul menirukan nada lagu, bernyanyi, bahkan bersenandung, google akan menemukan judul lagu yang kita maksud berdasarkan kemiripan lagu. Caranya cukup simpel, tekan ikon mikrofon pada kolom pencarian google, atau panggil "Hello Google", kemudian bertanya "what's this song" atau juga bisa tekan tombol "search a song", kemudian google akan mulai mendengarkan. 

Tidak sampai disitu, jika hasil pencarian yang ditampilkan oleh google di klik, akan memberikan detail informasi lebih lanjut mengenai penyanyi dan lagunya, serta video musik yang ada di youtube.

Sebelumnya fitur ini hanya menjadi hayalan, dan banyak orang-orang yang mengharapkan kehadiran teknologi seperti ini, dan sekarang telah di wujudkan oleh google. Fitur ini pastinya sangat membantu sekali ketika kita mendengarkan sebuah lagu namun tidak tau apa judulnya dan ingin mendengarkannya lagi.

Fitur ini memanfaatkan bidang machine learning untuk mengubah audio menjadi matriks data yang dapat digunakan untuk training model yang hasilnya dapat memprediksi lagu berdasarkan persentase kemiripan nada yang diberikan.

Akurasi fitur ini juga tinggi, karena fitur "Hum to search" ini dapat digunakan bagi kalian yang tidak lihai bernyanyi.

Saat ini, "Hum to search" hanya tersedia di iOS dalam bahasa inggris dan lebih dari 20 bahasa di Android.

0 Response to "Fitur Baru Google, Cari Judul Lagu Dengan Bernyanyi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel